0 Comments

Pohon waru sering digunakan sebagai pohon peneduh. Pada tanaman waru tesebut memiliki daun yang bermanfaat untuk kesehatan juga kecantikan.
Selain dapat digunakan pada kesehatan juga daun waru dapat dijadikan untuk pembungkus makanan juga bungkus tempe.

12 Manfaat Daun Waru untuk Kesehatan dan Kecantikan
12 Manfaat Daun Waru untuk Kesehatan dan Kecantikan

Berikut ini manfaat daun waru untuk kesehatan dan kecantikan :

1. Mengatasi Bisul

Bisul merupakan infeksi yang disebabkan bakteri staphylococcus aureus, muncul benjolan dengan isi nanah dan akan bengkak,memerah juga hangat
saat disentuh. Daun waru dapat diremas lalu ditempelkan pada bisul tersebut, dapat bermanfaat untuk menyembuhkan bisul. Daun waru memiliki sifat anti bakteri juga anti radang.

2. Mengatasi Batuk

Daun waru dapat meredakan batuk berdahak juga batuk kering. Rebus daun waru dengan gula batu lalu minum air reburan tersebut. Selain itu kuncup bunga waru juga dapat langsung dikunyah untuk mengatasi tenggorokan kering.

3. Menurunkan Demam

Demam merupakan kondisi suhu tubuh meningkat, reaksi tubuh melawan peradangan pada tubuh. Minum air rebusan daun waru dapat Mengatasi demam tersebut. Daun waru memiliki anti peradangan yang dapat mengobati demam.

4. Mengatasi Diare Berdarah

Daun waru mengandung tanin yang dapat menjadi obat ampuh pada diare berdarah. Dengan konsumsi rebusan air daun waru dapat mengatasi diare berdarah tersebut.

5. Meredakan Radang Sendi

Daun waaru dapat meredakan radang sendi dikarenakan mengandung saponin juga alkaloid. Kedua senyawa itu dapat menjadi anti nyeri juga dapat relaksasi otot polos. Kondisi nyeri dapat diakibatkan cedera, infeksi, sampai autoimun. Ekstrak daun waru dapat dapat mengatasi nyeri tersebut.

6. Obat Tumor dan Kanker

Daun waru mengandung saponin, tanin, alkaloid yang dapat menjadi antioksidan yang berngaruh pada sel kanker. Dapat dijadikan obat tumor dan kanker.

7. Membantu Proses Kelahiran

Konsumsi air rebusan daun waru dapat membantu proses kelahiran, air rebusan daun waru membantu pasenta untuk lebih mudah dikeluarkan selama proses kelahiran.

8. Mengatasi Penyakit Kulit

Kulit pohon waru dan daun waru dapat digunakan sebagai obat penyakit kulit, memiliki sifat anti bakteri dan dapat meredakan penyakit kulit disebabkan infeksi bakteri.

9. Mengatasi Gonore

Gonroe merupakan infeksi menular seksual disebabkan bakteri, daun waru memiliki sifat anti bakteri yang dapat digunakan mengatasi gonroe tersebut.

10. Obat Patah Tulang dan Terkilir

Daun waru dibalurkan pada bagian tubuh terkilir juga patah tulang lalu dibalut, dapat meredakan sakit pada patah tulang juga terkilir tersebut.

11. Mencegah Penuaan Dini

Daun waru mengandung antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas dan mencegah kerusakan sel juga dapat mengatasi masalah penuaan dini dikarenakan dampak negatif dari radikal bebas.

12. Mengatasi Rambut Rontok

Daun waru mengandung saponin, flavonoid juga memiliki sifat anti mikroba yang dapat merusak sel rambut dan bermanfaat mempercepat pertumbuhan rambut juga mencegah kerontokan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *