0 Comments

Manfaat dari naik turun tangga bagi kesehatan harus selalu dibiasakan. Jika anda tidak ada waktu luang untuk melakukan olahraga untuk menggerakan badan, anda bisa manfaatkan naik turun tangga menjadi jalan alternatif untuk menggantikan waktu olahraga yang telah anda lewatkan.

Banyak orang lebih menyukai menggunakan lift atau eskalator saat di kantor atau juga ditempat umum dibandingkan menggunakan tangga. Padahal manfaat dari naik tangga sangat baik sekali untuk kebugaran tubuh.

Berikut ini manfaat dari naik turun tangga bagi kesehatan dari berbagai sumber.

Menurunkan Berat Baan Serta Mengencangkan Otot dan Tulang

Menurunkan Berat Badan

Para ahli menyatakan jika melalukan aktivitas naik turun tangga bisa membuang 8 hingga 9 kali lebih banyak kalori dibandingkan pada saat duduk dan 7 lebih banyak dari pada kalori dibanding naik lift.

Setiap langkah naik atau juga turun juga sama-sama bisa membuang kalori. Tetapi, kalori yang dibuang akan jauh lebih banyak dan cepat pada saat naik dari pada saat turun. Karena pada tekanan diperoleh pada tubuh saat mendaki akan menjadi semakin besar dibandingkan pada saat turun dari tangga.

Mengencangkan Otot dan Tulang

Manfaat dari naik turun tangga juga dapat mengencangkan otot dan tulang. Ketika anda melakukan naik turun tangga, otot dan tulang pada seluruh tubuh di ikuti dengan gerakan yang aktif, dengan gerakan aktif, mulai dari otot kaki, paha, lengan sampai punggung.

Memelihara Kesehatan Otak dan Mental

Memelihara Kesehatan Otak

Pada penelitian menyatakan jika manfaat dari naik turunnya tangga bisa mengoptimalkan kesehatan untuk otak. Melakukan kebiasaan naik turun tangga bisa terhindar dari kepikunan dan mempunyai daya ingat uang sangat baik.

Baik untuk Kesehatan Mental

Manfaat lain dari naik turun tangga yaitu dapat menyehatkan mental. Pada saat naik turun tangga, tubuh akan terlepas dari hormon endorfin yang bisa memberikan perasaan senang dan juga tenang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *