Manfaat Buncis Untuk Kesehatan

Manfaat Buncis Untuk Kesehatan

Buncis termasuk salah satu jenis sayuran hijau yang mirip seperti kacang panjang. Bedanya, jenis sayuran ini memiliki ukuran yang lebih pendek serta bentuknya melebar. Untuk sayuran tersebut dapat dikonsumsi dalam keadaan mentah sebagai lalapan atau juga dapat dibuat menjadi lauk makanan nasi.

Dilansir melalui USDA ( United States Department of Agriculture ), mengungkapkan bahwa dalam 140 gram buncis mengandung,
> Protein sebesar 1,42 gram
> Serat sebesar 2,6 gram
> 28 kalori
> Gula sebesar 1,94 gram
> 5,66 karbohidrat

Selain kandungan diatas, sayuran ini juga memiliki kandungan mineral serta nutrisi lainnya yang sangat baik bagi tubuh, seperti magnesium, kalium, kalsium, fosfor, zat besi, folat, vitamin K dan vitamin A. Kandungan mineral serta nutrisi pada sayuran berwarna hijau ini ternyata bisa membantu dalam mencegah serta mengurangi sejumlah masalah kesehatan pada tubuh.

Berikut beberapa manfaat buncis untuk kesehatan, diantaranya

• Baik Untuk Jantung

Walaupun tubuh memerlukan kolesterol dalam membantu penumbuhan berbagai sel, asupan kolesterol yang berlebihan juga tidak bagus bagi tubuh. Untuk kadar kolesterol yang cukup tinggi pada tubuh nantinya bisa memicu penumpukan terhadap lemak di bagian arteri.

Ketika hal tersebut dibiarkan dalam waktu yang cukup lama, maka tidak menutup kemungkinan dapat mengurangi penyuplaian darah ke bagian otak serta jantung. Alhasil risiko terkena penyakit stroke serta serangan jantung menjadi meningkat.

Nah, sayuran hijau ini bisa menjadi salah satu pilihan yang tepat karena ia tidak memiliki kandungan kolesterol sehingga sangat aman untuk dikonsumsi oleh mereka yang memiliki penyakit kolesterol tinggi. Selain itu, kandungan serat di dalamnya juga bisa membantu menurunkan kadar kolesterol jahat ( LDL ) pada tubuh.

• Menjaga Kesehatan Janin

Kandungan berupa asam folat pada buncis dapat berperan dalam menjaga kesehatan janin terhadap wanita di awal pertumbuhannya. Selanjutnya, asupan folat diperlukan untuk mendukung pertumbuhan sumsum tulang belakang serta otak pada janin. Tidak hanya itu, folat tersebut juga diperlukan untuk menjaga anemia terhadap ibu hamil.

• Menu Diet

Untuk anda yang sedang menjalankan program diet dalam menurunkan berat badan, maka sayuran ini bisa menjadi salah satu pilihan yang tepat. Hal tersebut karena buncis rendah lemak serta kalori. Selain itu kandungan berupa nutrisinya juga bisa membantu dalam menjaga berat badan agar tetap stabil.