Candi Prambanan Candi Hindu Termegah Di Indonesia
0 Comments

Menjadi salah satu kompleks candi terkenal di Indonesia juga telah ditetapkan UNESCO menjadi situs warisan dunia tahun 1991 yaitu Candi Prambanan. Sebuah kompleks candi Hindu yang berbeda dengan Candi Borobudur yang merupakan candi Budha.

Walaupun seperti itu membuktikan jika dulu umat Hindu dan Budha hidup berdampingan dengan rukun pada lokasi Candi Prambanan dan Candi Borobudur yang ada di Jawa Tengah . Candi Prambanan dan Candi Borobudur juga menjadi bukti kemajuan pada peradaban manusia saat itu dikarenakan telah mampu membangun candi melalui seni arsitektur tingkat tinggi dan sangat luar biasa dengan tanpa menggunakan bantuan teknologi canggih seperti zaman sekarang.

Candi Prambanan juga disebut mempunyai seribu buah candi disebabkan adanya cerita rakyat Roro Jonggrang pada saat itu, tetapi pada yang sebenarnya hanya ada sekitar 240 candi di Candi Prambanan. Kompleks Candi Prambanan menghadap timur pada tata letaknya, namun terdapat empat pintu masuk pada semua arah mata angin yang ada di candi. pada gerbang utama candi tersebut merupakan yang ada pada sebelah timur pada tata letak Candi Prambanan.

Tempat wisata ini merupakan persembahan untuk dewa Siwa dalam ajaran hindu yang dikenal menjadi dewa penghancur alam semesta. Pada prasasti siwaghra pada saat ini disimpan di (Museum Nasional Indonesia), pada nama asli kompleks Candi Prambanan adalah Siwaghra yang asalnya dari bahasa sansekerta dengan arti rumah Siwa (Dewa Siwa).

Sejarah ditemukannya Candi Prambanan

Candi Prambanan Candi Hindu Termegah Di Indonesia
Candi Prambanan Candi Hindu Termegah Di Indonesia

Mengesampingkan cerita rakyat yang beredar pada Candi Prambanan, diperkirakan candi tersebut dibangun pada abad ke-9, pada masa Dinasti Sanjaya waktu itu. Sejumlah peneliti juga mengatakan apabila tidak lama setelah dibangun candi tersebut, kompleks Candi Prambanan tidak terurus dengan baik sampai banyak kerusakan yang terjadi pada bangunan Candi Prambanan.

CA Lons seorang warga Belanda pada tahun 1733 ditemukan kembali Candi Prambanan olehnya. Pada penemuan Candi Prambanan ditemukan lebih awal apabila dibandingkan dengan penemuan Sir Thomas Stamford Raffles yaitu Candi Borobudur. Seusai ditemukan Candi Prambanan dan mulai diperbaiki juga dilakukan berbagai rekonstruksi perbaikan. Sekarang Candi Prambanan jadi kompleks candi Hindu termegah di Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *