Kadang Orang Memang Harus Jatuh Dulu Baru Bisa Belajar

Belajar Hadapi, Menerima Dan Jalani Masalah

Jika orang-orang banyak mengatakan bahwa hidup itu harus hanya singkat, harus dinikmati, sehingga mereka menggunakan waktu mereka untuk berleha-leha, berfoya-foya, bermalas-malasan. Dan itu adalah cara mereka menikmati hidup ya sudah. Biarkan. Setiap orang memiliki cara berbeda dalam menikmati setiap hidupnya. Dan jika cara mereka menikmati hidup seperti itu, ya sudah. Karena mereka akan belajar dari situ. Mereka akan belajar dari pengalaman mereka.

Kadang Orang Memang Harus Jatuh Dulu Baru Bisa Belajar

Ada beberapa orang yang cara mereka belajar bisa dibilang berbeda dengan kita. Tidak semua orang memiliki cara yang sama dalam belajar atau memproses sesuatu. Ada orang yang harus dibilang berulang-ulang. Baru bisa mengerti. Ada orang yang jika walaupun kita sudah nasehati sampai mulut kita berbusa. Sudah kita nasehati dengan berbagai pengalaman kehidupan kita, tapi tetap saja dia tidak akan belajar dari itu. Karena ada beberapa orang dia harus merasakan sakit dulu baru belajar.

Ada yang hanya di katakan sudah bisa menangkap pembelajarannya. Memang setiap orang memiliki cara merespon dan belajar yang berbeda-beda. Dan tidak ada yang bisa kita salahkan untuk itu. Karena setiap orang memiliki karakter yang berbeda-beda. Jadi kita harus belajar menerima. Belajar menyesuaikan. Dan mungkin kita juga seperti itu. Susah untuk belajar. Keras kepala. Sehingga harus jatuh dulu, harus merasakan sakitnya dulu baru anda sadar okey, ini sakit ini tidak baik. Memang jika dipikir sayang sekali, anda padahal tidak perlu harus sakit untuk mengerti itu. Tapi itulah pembelajaran.

Bagi orang yang keras kepala. Itu adalah cara terbaik untuk belajar. Jadi tidak apa jika harus sakit baru mengerti. Dan kadang dibutuhkan juga orang keras kepala ini. Karena jika tidak ada orang keras kepala itu, tidak ada orang yang akan mengajarkan pada orang lain, ini sakit loh. Mungkin dia bisa menasehati, mengatakan itu tidak baik, tapi menurut pengalaman orang lain, anda hanya bisa meneruskan. Tapi maknanya rasanya sulit di ungkapkan karena bukan anda langsung yang mengalaminya.